//STYLE CODE WILL COME HERE - SEE STEP #4

Tugas 1 dan 2, UNIT-UNIT SOSIAL

UNIT-UNIT SOSIAL (TUGAS SOFTSKILL 1 DAN 2)

Tahukah anda tentang unit sosial? Unit sosial adalah bagian dari kehidupan sosial manusia. Penduduk, masyarakat, keluarga, individu, dan budaya merupakan unit-unit sosial. Di dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar kata penduduk, masyarakat, budaya, keluarga, dan individu. Namun, banyak diantara kita yang masih belum benar-benar memahami pengertian dari penduduk, masyarakat, budaya, keluarga dan individu. Untuk lebih memahaminya, di bawah ini dijelaskan secara singkat pengertian dan pembahasan singkat tentang penduduk, masyarakat, budaya, individu, dan keluarga serta hubungan antar satu dengan yang lainnya.

1. PENDUDUK, MASYARAKAT, BUDAYA

PENDUDUK

Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu
wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling
berinteraksi satu sama lain secara terus menerus / kontinu. Dalam
sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati
wilayah geografi dan ruang tertentu. Jumlah penduduk Indonesia menurut world bank adalah 227.345.082 jiwa. Dengan jumlah itu, Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak sedunia, di bawah RRC, Amerika Serikat, dan India.


MASYARAKAT

Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama.Seperti; sekolah, keluarga,perkumpulan, Negara semua adalah masyarakat.
Masyarakat Indonesia yang majemuk terdiri dari berbagai budaya, karena adanya kegiatan dan pranata khusus. Perbedaan ini justru berfungsi mempertahankan dasar identitas diri dan integrasi sosial masyarakat tersebut. Pluralisme masyarakat, dalam tatanan sosial, agama dan suku bangsa, telah ada sejak nenek moyang, kebhinekaan budaya yang dapat hidup berdampingan, merupakan kekayaan dalam khasanah budaya Nasional, bila identitas budaya dapat bermakna dan dihormati, bukan untuk kebanggaan dan sifat egoisme kelompok, apalagi diwarnai kepentingan politik. Permasalahan silang budaya dapat terjembatani dengan membangun kehidupan multi kultural yang sehat ; dilakukan dengan meningkatkan toleransi dan apresiasi antarbudaya.

BUDAYA

Konsep budaya berbeda-beda tergantung siapa yang mendefinisikan konsep tersebut.
Dalam buku-buku pengantar antropologi selalu disebutkan hasil temuan Kroeber & Kluckhon yang mengidentifikasi definisi budaya. Mereka mencatat sekurang-kurangnya terdapat 169 definisi berbeda. Hal itu menunjukkan betapa beragamnya sudut pandang yang digunakan untuk melihat budaya. Masing-masing disiplin ilmu memiliki sudut pandangnya sendiri.
Menurut ilmu sosial, Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
Indonesia memiliki budaya yang beranekaragam. Masing-masing daerah memiliki kebuadayaan yang berbeda. Kebudayaan bali, tentu berbeda dengan budaya papua . Tapi justru karena keanekaragaman budaya itu yang membuat bangsa kita menjadi unik dan dikenal oleh bangsa-bangsa lain.

2. INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT

INDIVIDU

Individu berasal dari kata individum (Latin), Yaitu satuan kecil yang tidak dapat dibagi lagi. Dalam ilmu sosial individu merupakan bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Presiden, saya, begitu juga anda adalah individu.


KELUARGA

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab diantara individu tersebut

Masing-masing dari unit-unit sosial itu saling berhubungan satu sama lain. Individu merupakan bagian dari keluarga, keluarga merupakan bagian dari masyarakat, masyarakat merupakan bagian dari penduduk, dan penduduk membentuk kebudayaan. Demikian artikel singkat yang bisa saya tuliskan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat :)
| Top ↑ |